Apple merupakan perusahaan teknologi yang besar dan mutakhir, Tapi mengapa mereka menciptakan iPhone dengan baterai yang sangat boros?

Ini karena kesalahan tidak terletak pada sistem hp Anda, tetapi pada Anda

iOS speedtest

Dari kiri kek kanan : iPhone SE 2016. iPhone 7 2016, iPhone x 2017. iPhone XR 2018, iPhone 11 2019

Apa anda juga tahu berapa ukuran baterai dari masing-masing iPhone di atas ( Dalam Mah )

  • iPhone SE : 1.624 mah
  • iPhone 7 : 1.960 mah
  • iPhone x : 2.716 mah
  • iPhone XR : 2.942 mah
  • iPhone 11 : 3.110 mah

Penjbaran lebih lengkapnya ada dibawah supaya anda paham, tapi nanti bilamana ada kesalahan tolong di koreksi ya. hehehhe

Seri iPhone yang Digunakan

Rata-rata orang indonesia menggunakan seri iPhone 7 ke bawah, coba saja cek iPhone para kaum hawa ( umumnya ya karena inisesuai pengamatan saya ya hahahha, saya mengamatinya dari teman-teman saya)

Ukuran Chipsetnya Tergolong Besar

Bagi kalian yang sudah familiar dengan dunia chipset, sudah tau dong kalau ukuran chipset sangat berpengaruh sama yang namanya SoT ( Screen On Time, Lama waktu layar hp menyala ).
SEbagai perbandingan, iPhone 7 Plus saja menggunakan chipset berukuran 16 nm ! Sedangkan iPhone SE menggunakna chipset berukuran 14 nm.
Duperkirakan setiap ukuran 1 nm dapat mengurangi persentase kenaikan suhu hp sebanya 20%

Walaupun tidak menggunakan teknologi arm, tai dampak dari ukuran chipset pada iPhone kira-kira sama seperti pada gambar diatas.

Semakin kecil ukuran chipset, semakin efisien daya yang dikeluarkan, begitu juga panas yang kita rasakan akan terminimalisir
Tapi hal ini mungkin tidak kalian temukan lagi pada seri iPhone 8 ketas

Baca Juga :
iPhone Scond atau Android Baru?
Seberapa Penting Fitur Kecanggihan Kamera yang ada di Ponsel?
Ponsel iPhone Selalu Menjadi Pilihan?
Apa Kegunaan iPad?
Smartphone Dirancang Untuk Mudah Rusak

Baterai Kecil untuk hp yang kecil

Kurang lebih ilustrasi ukuran iPhone, bisa anda lihat bahwa perubahan ukuran iPhone ada pada ukuran Bezel layarnya, yang mana sebetulnya ukuran iPhone terkini sama dengan ukuran iPhone generasi tua, hanya saja baterainya/luas layarnya bertambah.

Ini Ciri khas iPhone, Bodinya yang kecil! Bahwa padakenyataannya ukuran beterai yang besar ( mah 0 bisa memperngaruhi ukuran hp yang kita pegang !
Selain itu , iOS hadir dengan seabrek optimasi yang baik, jadi pada waktunya sendiri hp-hp yang kalian anggap boros ini sendiri sebetulnya hemat, hanya aplikasi-aplikasi berat zaman sekarang sudah melebihi kapasitas hp iPhone yang kalian gunakan.

Battery Saver

Iya, Gak salah ko dengan yang kaliat lihat, karena menurut saya apabila kalian memaksakan iPhone kalian untuk multitasking dengan beberapa app sekaligus, sambil menyalakan battery saver ( yang notabene membatasi, bukan mendorong performa hp anda ) justru membuat CPU hp anda stress.

Imbasnya, ya baterai hp kalian, plus suhu hp yang cepet naik

Jumlah Core COU yang Sedikit

Hal ini berlaku untuk iPhone seri 7 plus kebawah,dimana mayoritasnya menggunakan jumlah core/inti cpu antara 2 dan 4, kalau anda paksa buat buka beberapa app sekaligus justru membebani kerja cpu iPhone anda sendiri

Karna cpu biasanya terdiri dari setidaknya 1 core hemat daya pada chipset dual-core , atau setidaknya 2 core hemat daya pada chipset quad-core, jadi bisa kebayang kalau anda memaksa membuka banyak aplikasi, malahan cpu-nya stress dan overloaded , imbasnya ke baterai hp anda lagi

Kesalahan Umum

Penyakit kronis yang menghampiri semua pengguna iPhone yang pernah saya temui

Rata-rata teman-teman saya mengatur brightness full, lalu juga menyalakan bluetooth yang diikuti oleh WiFi, tambah pula GPS yang cuma dipake stand-by.

Dan saya juga tidak paham kenapa mereka mempertahankan tabiat aneh ini hahaha

Sekian dari saya, tapi sebelum anda dan para pengguna Quora lainnya upvote,silakan berikan kritik dan komentar terlebih dahulu,kalaupun memang ada isi yang tidak benar,kurang tepat dan kurang baik juga silahkan di downvote,karna ini jawaban perdana saya hehe

*Edit : untuk link jawaban dari poin nomor 5,hal yang sama berlaku untuk semua jenis smartphone yang tidak hanya terpaku pada chipset android pada umumnya,yaitu Snapdragon. Chipset Mediatek,Exynos,Kirin,ataupun Apple bionic/fusion pun juga berlaku hal ini.

*Edit 2 : Terimakasih banyak atas waktu kalian membaca thread ini! semoga dapat bermanfaat bagi kalian yang membaca yaa;), mohon maaf yang sebesar-besarnya untuk teman-teman yang belum saya balas pertanyaannya, semenjak saya kembali aktif dengan PJJ sekolah saya, fokus penuh saya hanya ada di sekolah, jadi baru main2 quora lagi sekarang huehue.

Terimakasihhh!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *