Mengapa di Google Maps Kita bisa Melihat Street View di semua Kota Negara Tiongkok?

Gimana mau ada Google Street View? Lah layanan google saja diblokir sama Tiongkok sejak tahun 2010. Hal ini dikarenakan Google menolak patuh kepada peraturan Tiongkok yang menyuruh Google untuk menyensor hal-hal sensitif. Awalnya tidak semua layanan google diblokir. Hanya Gmail saja yang dapat diakses.[1] Namun pada akhirnya diblokir juga dan pemblokiran terjadi pada tahun 2014.[2]

Walaupun diblokir, bukan berarti kamu tidak bisa mengakeses sama sekali Google di Tiongkok. Faktanya kamu harus mengunduh VPN terlebih dahulu untuk mengakses Google. Dan ini tidak hanya terbatas kepada Google saja tapi juga situs-situs terkenal lainnya seperti Facebook, Twitter, Quora, dan lain-lainnya.

Sempat terdengar ada kabar kalau pada tahun 2018 layanan Google Maps akan kembali tersedia di Tiongkok.[3] Namun hal ini dibantah oleh pihak Google sendiri. [4]


Walaupun Google diblokir di Tiongkok, bukan berarti kalau street view itu tidak ada sama sekali di Tiongkok. Pasalnya salah satu situs populer di Tiongkok, Tencent, memiliki layanan peta dan pada layanan tersebut terdapat Google Street View.

Mobil Street View Tencent.

Yang ngambil gambar street view dengan jalan kaki pun juga ada.

Beginilah bentuk peta dari Tencent Maps:

Tampilan Tencent Maps

Street Viewnya


Saya sendiri pernah mencoba dua kali untuk menggunakan layanan Street View Tencent. Pertama kali saya lupa tahun berapa dan itu berhasil. Namun untuk yang kedua kali gagal. Pasalnya tampilan Tencent Maps sekarang itu seperti ini:

Saya sendiri juga tidak bisa bahasa Mandarin. Jadi untuk mengakses Tencent ini membutuhkan bantuan dari Google Translate. Beginilah tampilanya jika diterjemahkan:

Tampilan dalam bahasa Inggris (Lewat Google Translate)

Tampilan dalam bahasa Indonesia (Lewat Google Translate)

Tidak ada street view dan Jadi saya harus mendownload Tencent di HP saya terlebih dahulu. Downloadnya bukan dari Appstore tapi dari website Tencent langsung:

Tampilan Websitenya.

Beginilah

Tencent Maps setelah saya unduh dari situsnya langsung:

Lalu saya buka dan beginilah bentuk petanya:

Cakupan Tencent Maps hanya terbatas di Tiongkok, Hong Kong, Makau, Taiwan, dan daerah sengketa lainnya seperti Arunachal Pradesh, Kepulauan Spratly dan Paracel, dan Pulau Senkaku.

Beginilah jalannan di Beijing yang bisa dilihat dari Tencent Street View.

Inilah tampilan Tencent Street View

Pintu masuk ke Kota Terlarang.

Bisa Melihat Korea Utara

Istana Potala

Masjid Nanguan di Yinchuan, Ningxia.

Saya akui bahwa baik Google Maps maupun Street View jauh lebih baik dibandingkan dengan Tencent Maps dan street view. Pasalnya saya harus menekan tombol tanda panah pada Tencent untuk maju atau mundur tidak seperti google yang kita bisalangsung scroll. Selain itu looadingnya lama. Pokoknya Tencent Maps itu kaku!


Perlu saya tekankan bahwa layanan Street View tidak hanya terbatas pada Google dan Tencent saja namun juga ada yang lainnya seperti:

Yandex:

Bahkan ada kejadian mobil Google Street View bertemu dengan Yandex Street View:

Apple Look Around:

Mobil Apple Look Around

Tampilan Street View dari Apple Look Around.

Dan masih ada yang lainnya. Kalau mau lihat daftar-daftar layanan street view yang ada di internet bisa dilihat disini:

List Of street View Service
Google services blocked in China except for Gmail
 Connecting Asia’s startup ecosystem
Google Maps available again in China after eight years
Google says ‘no changes’ to mapping platform in China after report

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *