Mengapa ponsel Samsung semakin menurun posisinya khusunya di indonesia, selain karena faktor harga ?

Di mata saya sih, Samsungitu serakah atau kemaruk.

Perkembangan ponsel Android sendiri terlalu cepat, dimana per 6 bulan sekali selalu ada model baru berbeda dengan iPhone yang setidaknya 1-2 tahunan dari model sebelumnya, Sehingga perputaran unitnya sangat cepat.

Ponsel Samsung kelas menengah kebawah juga bisa dibilang tidak murah-murah amat, ya saya tahu posisi diri sebagai fanboy Apple yang tidak pernah membeli atau pakai ponsel Android selama 3 tahunan ini, tapi dari beberapa obrolan yang saya dengear dari teman dan sahabat penggemar Android untuk kelas menengah kebawah jarang ada yang mau beli Samsung. Mereka langsung mencari Xiaomi dan turunannya yang saya tidak hapal mereknya dan merke lain.

Baca Juga :
What has Nokia done wrong to lose #1 position phones sales to samsung?
Mengapa HP Xiaomi laris manis di Indonesia? Padahal Xiaomi tidak populer di negara asalnya Tiongkok.
Tips Merawat Laptop Agar Awet Digunakan
Mangapa Sistem Operasi Lunux Versi Desktop Lebih Sedikit Penggunanya
iPhone Scond atau Android Baru?

Dikelas menengah keatas dominasi Samsung masih sangat kuat, Rasanya jarang sekali ada orang yang mau beli Xioami belasan juta kecuali memang fanboy. Tapi dominasi samsung. Sendiri disaingi oleh Apple dan beberapa merek lain sehingga sangat sulit untuk mempertahankan dominasi. Untuk kelas menengah kebawah sudah babak belur dihajar kanan-kiri.

Di kelas 2 jutaan yang merupakan swet spot konsumen Indonesi pilihannya sangat banyak, Dimana dari spesifikasi ada yang bisa mengungguli Samsung dengan harga yang sama, Yang saya ketahui dan ingat adalah demam Pocophone yang harganya murah tapi spesifikasinya termasuk gahar.
Pada posisi itu konsumen sangat amat sadar spek dan akan menggunakan ponsel yang dirasa lebih tinggi spesifikasinya dengan merek biasa atau kurang terkenal daripada memilih merek terkenal tapi spesifikasinya biasa.

Ahirnya dominasi Samsung dikelas menengah kebawah yang jelas mengisi kebih dari 50% pangsa pasar kalah, lah wong lawannya sangat banyak dan bagus, Ini bukan tahun 2010 dimana ponsel China identik dengan barang rusak atau rongsok, Xiaomi dan beberapa merek lain sudah diperhitungkan dan dicari konsumen.

Masa kejayaan Samsung perlahan memang sudah berkurang, sama seperti Nokia yang sempat merajai ponsel Indonesia. Alasannya juga sama yaitu pilihan konsumen makin banyak sehingga tidak perlu terpukau pada 1 merek.

Ingat ya sobat untuk menggunakan ponsel itu sesuai selera sobat dan sesuai budget juga jangan terlalu memakakan untuk beli yang lebih mahal 😁😁😁😁

Trimakasih sudah membaca 🙂

3 Replies to “Samsung Semakin Menurun Khusunya di Indonesia?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *