Dipahami dulu ya, iPhone itu merk Apple dengan sistem operasi IOS. Nah, Android itu OS smrtphone. jadi secara merk, smartphone yang pakai Android banyak bangat. Ada Samsung, Xiaomi, dll. Trus Android juga bisa di instal di tablet.

Buat kompasi android dan iPhone itu susah. Gimana coba mau komprasi OS dan smartphone? 🙂

Kalau pertanyaan lebih baik beli iPhone Scond atau Handphone Android baru ( tidak jelas disini merk apa ), Saya kembalikan ke “tergantungan budget” .

Kalau dana Anda hany 2-3 jutaan ya mending hp Android baru, Paling gak bisa dipake 1-2 tahun, tar ganti Hp keluaran baru lagi dengan budget sama:)

Adik saya juga gitu, hapenya baru terus meski harganya cuma 2-3 juta.
Karena di rentang harga segitu dapatnya iPhone yang menurut saya sudah habis umur. Meskipun mantan hape Flagship dengan fitur yang sedikit lebih tinggi, Tapi performa mirip-mirip. Dan hape Android keluaran baru dilengkapi kamera dan layar yang lebih besar resolusina. Serta model juga lebih keren.

Sebagai contoh di rentang harga 2-3 juta ada iPhone 7. Saya kompresi dengan Xiaomi Poco M3.

Baca Juga :
Seberapa Penting Fitur Kecanggihan Kamera yang ada di Ponsel?
Smartphone Dirancang Untuk Mudah Rusak
Ram HP Masih Penuh Padahal Sudah di ” Factory Reset
Mengapa HP Xiaomi laris manis di Indonesia? Padahal Xiaomi tidak populer di negara asalnya Tiongkok.
Apa saja trik menggunakan ponsel yang benar ?
Samsung Semakin Menurun Khusunya di Indonesia?

Kalau iPhone itu meski tidak perlu dilihat ramnya karena sistem operasi sudah disesuaikan. tetap ada pertimbangan jika menggunakan iOS terbaru yang pastinya lebih berat.

Untuk chipset, A10 Funsion dari iPhone 7 lebih baik dari Snapdragon Xiaomi Poco M3. Dan iPhone 7 sudah IP67 untuk ketahanan terhadap airnya.

Kalau kesimpulan saya, iPhone 7 diatas kertas lebih baik performanya jika dibandingkan dengan Poco M3. Untuk kamera , memang lebih besar Xiaomi, tapi software iPhone juga bagus, jadi kadang tidak terlalu terlihat perbedaannya. Bisa dicoba langsung.

Masalahnya, Kalu beli iPhone scond yang usianya sudah 5 Tahun. Usia pakai minimal tinggal setahun untuk dapat update OS. Selain itu, baterai tentu sudah waktunya ganti dan baterai iPhone original untuk umut segitu sudah suit ditemukan. Belum sparepart lain yang kemungkinan sudah diganti juga.

Kemudian jika Anda beli di toko iPhone bekas, resikonua dapat kabel dan kepala charger yang OEM. Misal mau beli ori juga jadi keluar dana sekitar 400-ribuan untuk kepala charget dan 300-ribuan untuk kabelnya. Nabah lagi deh pengeluarannya 🙂

Karena smartphone bukan kebutuhan utama saya, saya juga beli iPhone bekas tapi selalu di kirasan 5 jutaan.

Kalu tahun ini ya seperti iPhone x atau XR yang secara performa masih 10:12 dibandingkan iPhone 12. Bahkan lebih baik iPhone XR yang mash ada stok barunya. Beli juga cari yang bekas pemakaian langsung dan kalu bisa mencari yang fullset aksesoris belum pernah dipakai.

Jadi sebaiknya liat budget dulu ya, Kalau dana terbatas dan emang pengen banget nyobain pake iPhone ya harus siap-siap buat ganti sparepart minimal buat baterai dan kabel charger 🙂

Semoga membantu ya sobat trimakasih sudah membaca 😍😍😍😍

12 Replies to “iPhone Scond atau Android Baru?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *