Mengenali seseorang akan menjadi hal yang penting bagi kamu, kita juga harus jeli melihat sifat asli seseorang yang akan kita pilih sebagai satu circle kita, orang-orang yang bisa kita percayai sebagai partner, sahabat, maupun pasangan. 

      Dari pertama kali bertemu, terkadang sudah bisa menebak orang tersebut bagaimana sifatnya, kredibilitas dan kinerjanya, bahkan hingga hobinya. Namun, First impression biasanya di bauri dengan bunga dan coklat, kepribadian orang yang baru kenal terlihat menawan dan manis, demi mendapat perhatian mu tidak jarang mereka menampilkan citra yang baik dalam dirinya. Dengan begitu, kadang kamu bingung melihat sikap dan karakter aslinya.

       Untuk itu, berikut enam cara mengetahui sikap dan karakter seseorang. Gak butuh waktu lama dijamin langsung terbongkar, deh!

 

1. Tatapan Mata

Source : Google
 
Jika bola matanya sering kali berputar, dapat diartikan jika dia sedang menyembunyikan sesuatu atau karena hal lain. Dengan sikapnya yang seperti itu, bisa diartikan jika lawan bicara mempunyai sifat introvert, tertutup, pemalu, suka menyendiri, dan kurang bersosialisasi.
 
Orang dengan tatapan tajam galak biasanya memiliki kepribadian yang emosional, mudah marah, tidak sabaran, dan keras. Tetap pada pendapatnya, walau terkadang salah.
 
Jika lawan bicara memperhatikan mu dengan tatapan yang hangat, dan menjaga kontak mata 60% selama kamu bicara maka karakternya menyenangkan, ramah, mudah dipercaya, dan menarik. Namun, Kurangnya kontak mata saat berkomunikasi dapat mencerminkan bahwa kurangnya ketertarikan dan kontrol diri. 
 
 
 

2. Berjabat Tangan

Biasanya orang yang berjabat tangan lemah digambarkan sebagai orang yang kurang percaya diri, pemalu, dan kurang suka menerima tantangan. Apabila sebaliknya, maka bisa dikatakan ia adalah orang yang percaya diri dan ekspresif.
 

3. Rentang Waktu Mengecek Handphone

Jika lawan bicara mu sering mengecek Handphone ditengah-tengah kamu sedang bicara atau berkomunikasi, dapat digambarkan bahwa ia memiliki sifat kurang yang menghargai, bukan pendengar yang baik, dan kurang dapat berinteraksi langsung dengan orang lain. 
 
Ciri jika seseorang yang memiliki attitude yang baik disaat sedang berkomunikasi:
1. Meletakkan Ponselnya 
2. Memberikan Feedback
3. Jika memang harus mengecek Ponsel dia akan memberitahu mu seperti “Tunggu sebentar ya, aku harus menghubungi rekan ku dahulu”, “Sorry Sorry, tadi aku harus balas chat dulu” 
 

4. Cara berkomunikasi

Orang yang rendah hati cenderung menghindari pertanyaan terkait dirinya. Sementara Narsistik ingin selalu membicarakan tentang dirinya.
 
Dan apabila mereka hanya berbagi sedikit tentang diri sendiri, mereka memiliki sifat yang ramah, rendah hati, dan suka berbagi.
 
Ketika mengakui kesalahan mereka – Jika mereka menyerang artinya memiliki ego yang besar, jika mereka menyalahkan orang lain artinya mereka memiliki mentalitas korban, jika mereka bisa menerimanya artinya rendah hati.
 
Hidup dan kicauannya di media sosial – Kamu bisa lihat dari apa yang sering dia unggah, cara dia berkomentar, dan juga siapa yang dia follow. Karena setiap konten yang ada di Social Media nya saat ini itulah dirinya. Jika dia terlihat banyak mem-follow akun-akun galau kemungkinan dia adalah orang yang melihat sesuatu dari masalah saja atau sedang memiliki trauma, Jika dia terlihat banyak mem-follow akun-akun yang mengandung koten merujuk pornografi seperti foto-foto wanita atau pria seksi , kamu harus hati-hati bisa jadi dia orang yang belum bisa menahan nafsu nya. 
 

5. Sikap ketika Makan & di Tempat Umum

Kecepatan pada saat makan — orang yang cepat makan adalah orang yang ambisius, orang yang giat dan tidak sabaran. Sementara orang yang makan lambat adalah orang yang sabar dan menikmati kesenangan hidup.
 
Perilaku terhadap Pelayan atau Resepsionis — Kamu bisa perhatikan bagaimana sikapnya terhadap pelayan restoran, asisten rumah tangga, serta orang-orang yang jadi karyawannya di kantor. Orang cenderung akan menjadi dirinya saat merasa punya kuasa lebih terhadap lingkungan sekitarnya.
Jangan menilai bagaimana dia bersikap dengan orang di atasnya atau orang yang lebih berkuasa. Sebab, pasti sikapnya hormat dan bisa jadi palsu. Cara dia memperlakukan orang yang setara, begitulah sikap aslinya.

6. Reaksi Ketika mendapat perilaku negatif

 
Butuh latihan khusus bagi seseorang supaya bisa terlihat tenang dalam menghadapi situasi yang membuat emosinya naik. Biasanya orang akan langsung mengeluarkan karakter aslinya ketika emosi.
Bisa jadi dia membanting barang, diam, atau menghindari masalahnya. Semua itu bisa kamu lihat dari reaksinya. Dia akan terlihat menjadi dirinya di situasi seperti ini. Jadi, coba jeli dalam menilai karena emosi biasanya bisa hilang dengan segera.

Kepandaian seseorang dapat dilihat dari seberapa mampu dia memilih orang-orang disekitarnya. 

Nah, Jika kamu sudah mengetahui karakter seseorang dari beberapa indikator di atas, kamu memiliki hak untuk menghindari orang tersebut atau menjadikannya sebagai satu circle kamu. Tetap bersikap open Minded dan jangan berasumsi berlebihan ketika kamu sedang menilai karakter seseorang, Karena setiap seseorang memiliki latar belakang yang berbeda.

 Semoga bermanfaat, Jika kamu suka artikelnya yuk di share dan berikan feedback kamu di kolom Comment !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *