10  BAHASA PEMROGRAMAN TERBAIK YANG DISARANKAN UNTUK MAHASISWA
Bingung  dengan pilihan pembelajaran bahasa pemrograman? Berikut adalah 10 bahasa pemrograman teratas yang disarankan universitas untuk siswa.
Teknologi telah mengambil kursi depan dalam pembangunan ekonomi dan sosial. Perusahaan berusaha keras untuk mencari programmer dan insinyur terampil yang dapat secara efisien memanfaatkan teknologi ini dan memberikan solusi perangkat lunak yang mulus dan akurat. Bahasa pemrograman seperti Python, Java, C#, dan banyak lagi sangat diminati oleh pengembang dan pemrogram untuk kelancaran fungsi aplikasi dan situs web. Ada sekitar 700 bahasa pemrograman di dunia. Pemrograman dan pengembangan aplikasi sangat membantu dalam meningkatkan kinerja bisnis. Saat ini, banyak siswa ingin belajar bahasa pemrograman tetapi memilih salah satu dari banyak pilihan bisa sangat banyak. Oleh karena itu, artikel ini menampilkan 10 bahasa pemrograman teratas yang disarankan universitas untuk mahasiswa.
Python
Pyhton secara luas dianggap sebagai bahasa pemrograman yang mudah dipelajari, karena sintaksnya yang sedehana,  perpustakaan standar dan  toolkit yang besar, dan integrasi dengan bahasa pemrograman populer lainnya seperti C dan C++.  Anda dapat menggunakan untuk tugas kecil dan kompleks di berbagai indrustri –  mulai dari aplikasi yang lebih umum dalam ilmu data dan rekayasa  perangkat lunak hingga lingkungan  seperti pengembangan aplikasi seluler, kecerdasan buatan, dan pembelajaran mesin.
JavaScript
JavaScript adalah salah satu bahasa pemrograman paling populer untuk membangun situs web interaktif. Bahkan jika Anda belum memutuskan untuk berkarier di bidang teknologi, mahir dalam bahasa ini akan memungkinkan Anda membangun situs web dari awal—keterampilan yang cukup berguna untuk dimiliki di pasar kerja saat ini! Bahasa ini banyak digunakan dalam pengembangan situs web dan aplikasi seluler. Ini adalah salah satu bahasa pemrograman terbaik yang disarankan universitas kepada siswa.
Java
Java adalah bahasa pemrograman top lainnya yang sebagian besar terkait dengan aplikasi client-server, yang digunakan oleh bisnis besar di seluruh dunia. Java dirancang untuk menjadi bahasa pemrograman yang terhubung secara longgar, yang menunjukkan bahwa aplikasi apa pun yang ditulis dalam Java dapat berjalan di platform apa pun yang didukung oleh Java. Juga, Java memiliki banyak fitur seperti pengkodean dinamis, beberapa fitur keamanan, karakteristik platform-independen, perancangan jaringan-sentris, dll yang membuatnya cukup serbaguna.
C#
C# dirancang untuk menjadi bahasa tingkat tinggi. Ini berarti ia menangani banyak kode yang harus Anda tulis dalam bahasa lain seperti Java dan C++. Plus, ini memberi Anda perpustakaan yang membuat penulisan kode lebih cepat dan lebih mudah. Bahasa mendukung pelajar baru. Karena itu, belajar C# mungkin lebih mudah daripada mencoba mempelajari bahasa yang lebih baru dan kurang didokumentasikan.
HTML
HTML adalah salah satu batu loncatan yang paling mudah diakses di dunia pemrograman. HTML adalah bahasa markup yang bertanggung jawab untuk memformat tampilan informasi di situs web. Pada dasarnya, HTML dapat digunakan untuk menggambarkan halaman web dengan teks biasa, juga tidak memiliki fungsi yang sama dengan bahasa pemrograman lainnya.
CSS
CSS biasanya diterapkan bersama dengan HTML dan mengatur tampilan situs. Sementara HTML mengatur teks situs menjadi potongan-potongan, CSS bertanggung jawab untuk menentukan ukuran, warna, dan posisi semua elemen halaman. Bahasanya cukup mudah didekati, memungkinkan pemula untuk mencelupkan kaki mereka ke dalam kumpulan pengkodean metaforis.
Scala
Scala adalah yang terbaik dari kedua dunia. Rasanya dinamis, tetapi ini adalah bahasa yang diketik secara statis, yaitu. Haskell atau Jawa. Kompiler Scala benar-benar cerdas dan menggunakan inferensi tipe sepenuhnya. Scala menyediakan inferensi tipe untuk variabel dan fungsi, jauh lebih baik daripada inferensi tipe terbatas di Java dan C#. Ini adalah salah satu bahasa pemrograman terbaik, universitas menyarankan kepada siswa.
R
R adalah bahasa pemrograman sumber terbuka dan lingkungan perangkat lunak untuk komputasi statistik dan grafik yang didukung oleh R Foundation for Statistical Computing. Pemrograman R adalah mekanisme terbaik untuk statistik, analisis data, dan pembelajaran mesin. Ini lebih dari paket statistik; ini adalah bahasa pemrograman sehingga Anda dapat membuat objek, fungsi, dan paket Anda.
Objective-C
Objective-C mewarisi sintaks, tipe primitif, dan pernyataan kontrol aliran C dan menambahkan sintaks untuk mendefinisikan kelas dan metode. Itu juga menambahkan dukungan tingkat bahasa untuk manajemen grafik objek dan literal objek sambil memberikan pengetikan dan pengikatan dinamis, menunda banyak tanggung jawab hingga runtime.
Kotlin
Ini adalah pilihan yang lebih baik untuk pemula maupun pengembang berpengalaman karena meningkatkan produktivitas dengan membuat debugging lebih mudah. Penggunaan Kotlin tidak hanya terbatas pada aplikasi Android. Karena berbasis JVM, dapat dijalankan dengan mudah di setiap platform yang mendukung JVM. Kotlin juga memungkinkan Anda melakukan pengembangan front-end. Ini adalah salah satu bahasa pemrograman terbaik yang disarankan universitas kepada siswa.
Berikut 10 bahasa pemrograman terbaik, semoga manfaat 
Trimakasih sudah membaca
Salam “RSN”
Jika suka artikel sini  yuk share yuk 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *