Mengapa Nokia menolak Android di saat merek lain mulai mengembangkannya?



Yang perlu diperhatikan di waktu itu Nokia adalah sebuah brand yang paling berjaya di era telepon genggam/handphone. Kehadiran Apple pertama kali belum menggoyang posisi Nokia.

Namun kehadiran Google dengan androidnya yang disematkan di Samsung lah yang menggoyang Nokia.

Kenapa Nokia tidak mau pakai Android?

Di masa awal munculnya ponsel Android, Nokia baru melihat ada Apple dengan iOS dan Samsung dengan Android yang bertengger di puncak mengalahkan Nokia.

Seharusnya sampai sini ada sedikit pemahaman, alasan Nokia tidak mau langsung berpindah ke Android.

Ada 2 brand besar, iPhone dengan iOS dan Samsung dengan Android. Kalau Nokia masuk dia akan head to head dengan Samsung. Alias langsung beradu dengan Samsung.

Padahal Nokia ini brand besar, masa mau ngekor?



Baca Juga : Kenapa Hp Xioami dijual dengan Harga Murah

Tahapan pertama dalam diskusi dengan operator adalah pengakuan bahwa kami bukan Apple, kami bukan Samsung/Android. Tapi sekarang Samsung lebih mentereng. Kami adalah alternatif ketiga,” terang Elop (CEO Nokia waktu itu).

Nokia Tolak Android karena Samsung?
CEO Nokia Stephen Elop menjelaskan mengapa perusahaan yang dipimpinnya memutuskan untuk lebih memilih Windows Phone ketimbang Android.

https://tekno.kompas.com/read/2013/07/18/0843552/Nokia.Tolak.Android.karena.Samsung.

Itu kenapa Nokia memutuskan untuk bekerjasama dengan Microsoft. Dengan kata lain, ego Nokia sebagai sebuah brand besar waktu itu tidak ingin jadi pilihan di antara ponsel android. Nokia tetap ingin jadi sebuah brand yang dipilih bukan karena kamu ingin android kamu beli Nokia, tapi kamu beli Nokia karena Nokia.

Jujur sih, saya merasa visi Elop itu hebat. Tapi teknologinya waktu itu kurang mendukung untuk sebuah smartphone beroperasi penuh selayaknya smartphone dan windows phone sekarang.

Dijuluki “Penggali Kubur Nokia”, Ini Kata Stephen Elop
Mantan CEO Nokia, Stephen Elop, berkata, semua strategi dan keputusan bisnis diambil atas sepengetahuan dewan direksi Nokia.

https://tekno.kompas.com/read/2014/04/29/1642404/Dijuluki.Penggali.Kubur.Nokia.Ini.Kata.Stephen.Elop

Ya seandainya teknologi sudah sebaik sekarang dan Nokia bisa hadir selayaknya Microsoft Surface. Mungkin saja Nokia tidak perlu mengalami kejatuhan bahkan akan mengalahkan iPhone dan Android phone.

Microsoft Surface duo



Created By TBasuki

One Reply to “Mengapa Nokia menolak Android di saat merek lain mulai mengembangkannya?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *