Apakah layak untuk belajar pemrograman web ketika sudah banyak template web yang tersedia di internet?

Hai perkenalkan Saya Rian Saepudin , ijinkan saya mencoba membantu menjawab pertanyaan anda.

Pertanyaan sangat menarik dan cukup menantang karena di tempat saya sendiri banyak menanyakan “kenapa sih buat landing page masih ngoding dari awal?”, “kenapa ngga make template aja atau CMS?”.

Nah itu merupakan pertanyaan yang hampir sama dengan ulasan saat ini “apakah layak untuk belajar pemrograman web ketika saat ini sudah banyak tersedia template web? atau ada banyak CMS?”

Dari pernyataan tersebut saya bisa jawab, Sangat Layak, kenapa saya bilang layak karena ketika kamu membuat sebuah projek dan kamu menggunakan template atau CMS seperti wordpress kita akan lihat apakah setiap projek memiliki orisinil, nah yang pertama perlu kita ketahui dulu sebagai seorang programmer terkait orisiniltas/originalitas website itu? jika perusahaan nya sudah besar dan projeknya besar misalnya dibeli oleh perusahaan yang tanda kutip memiliki loyalitas PT, apakah mau tampilan websitenya sama dengan perusahaan lain? tentunya pasti tidak kan.. nah dari itu kita perlu belajar bahasa pemrograman entah itu HTML, CSS, maupun PHP sendiri karena ketika menggunakan template yang sudah ada kita ga bisa hanya ganti kata kata saja/kontenya saja, tentunya kita perlu mengedit supaya tampilanya bisa berbeda dari yang lainya.

gambar dari “Berita Terkini Hari Ini, Kabar Akurat Terpercaya – Kompas.com

Kemudian yang kedua, kebanyakan ketika menggunakan template web/cms kecepatan yang dimiliki rata rata sangat lambat, kenapa? karena

  1. cms tidak di update
  2. coding dalam penggunaan template tidak efisien
  3. penggunaan plugin yang terlalu banyak
  4. optimasi sebuah gambar karena gambar terlalu besar
  5. selain itu bisa karena server, browser dsb namun jika diluar itu berarti 4 diatas adalah penyebabnya.

Untuk cek kecepatan website ada beberapa tool yang bisa anda gunakan untuk mengetahui seberapa cepat loadingnya bisa dengan Pingdom, Google PageSpeed Insights, GTMetrix dan WebPageTest.

Tujuannya apa? yang pasti ketika pelanggan anda mengakses website anda dan tiba tiba lambat, pastinya dia akan jenuh atau berubah pikiran untuk mengakses website yang berbeda. Selain itu juga kita perlu pikirkan bagaimana caranya website kita bisa di akses dalam koneksi yang rendah? itu penting sekali karena dulu saya ketika masih menggunakan template itu yang terjadi dan banyak di komen oleh teman teman saya yang mengerti akan pemrograman website.

Sebetulnya saya tidak melarang teman teman dalam menggunakan template atau cms cuma sekarang yang anda wajib ketahui adalah yang di atas dulu, kemudian buat website tergantung kondisi dan kebutuhannya dulu. Kalau misalnya ingin membuat web yang sederhana saja tidak usah repot – repot. Pakai saja CMS seperti WordPress, Woocommerce, dsb sudah bisa memenuhi keinginanmu, tapi jika kondisinya berbeda silahkan buat website sesuai dengan kebutuhan pelanggan atau yang diperlukan. Disamping itu manfaat belajar web programming itu banyak sekali apalagi di jaman sekarang ini tentunya setiap perusahaan pasti membutuhkan jasa seorang IT (programmer, Network engineer atau 3D desainer.

Dari belajar programming, kamu bisa lebih mudah untuk mempelajari pemrograman lainnya seperti programming mobile/destop, programming game, atau programming IoT.

Baik mungkin seperti itu yang bisa saya sampaikan, ini saya sampaikan berdasarkan pengalaman yang saya dapatkan, jadi anda atau teman teman semua yang ingin mengawali belajar pemrograman entah itu web, aplikasi mobile atau IOT. Kalian bisa kunjungi Home – Codeinsia selain beragam informasi menarik anda juga bisa belajar pemrograman secara mudah dan memulai melakukan develop aplikasi, website anda sendiri.

Salam hangat dari saya 

Selamat Membaca “RSN”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *