Hohohoho betul mau tahu. Oke, begini adalah cara saya kalau mau melakukan beberapa hal secara program. Untuk komparasi, selain Java, saya ambil PHP saja, karena agar konteksnya setara.

Mencetak tulisan Hello World

PHP

Java

Membuat function untuk penjumlahan

PHP

Java

Notice bagaimana Java harus mendeklarasikan tipe data variabelnya, sementara PHP tidak? Ini sangat berpengaruh sekali. Implikasinya adalah, setiap method di Java hanya boleh memiliki satu return type, dan ini akan sangat menyulitkan bagi function / method yang bisa mengembalikan banyak tipe. Argumen juga tidak bisa bebas. Jadi class PHP seperti di bawah ini dan implementasinya:

Ini mungkin di Java, tapi harus seperti ini:

Harus ada banyak sekali method where yang menangani kemungkinan parameter yang berbeda. Lalu implementasinya:

Lebih menyebalkan

Intinya, untuk awam, PHP itu (juga Python, Javascript) sangat fleksibel sekali. Berbeda dengan Java yang disiplin, strict, administratif, dan suka dengan birokrasi. Semua hal sudah diregulasi, sehingga sangat ketat.

Tapi justru Java ini bisa menjadi solusi projek kelas enterprise loh! Justru karena kedisiplinan dan sifat administratifnya ini menyebabkan pengembang tidak bisa macam-macam dan tidak bisa mengembangkan diluar aturan. Bug bisa dideteksi lebih dini karena Java sangat tidak mengenal ampun dengan error.

Wer rastet, der rostet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *