Belajar pemrograman dan Membangun platform belajar program

Hallo, perkenalkan saya Mahendra. Ijinkan saya memberikan opini saya mengenai pertanyaan yang anda ajukan. Sebenarnya saya bukanlah orang yang expert dan terjun secara mendalam pada dunia coding-mengcoding bahkan justru minat saya lebih mengarah ke user experience dan user interface dan kawan-kawan sejawatnya (setidaknya masih cukup dekat dengan dunia programming/developer). namun meskipun begitu saya memiliki sedikit pengalaman terkait dengan bootcamp seperti ini.

Istilah bootcamp seringkali seliweran di sosial media terutama di beberapa grup dengan latar programming dan atau teknologi (secara umum), sesuai namanya bootcamp ini bisa dibilang sebagai salah satu program pelatihan yang “intensif” memiliki konsep yang mirip dengan kursus/online course namun saya rasa intensitas dari sebuah bootcamp jauh lebih terasa meskipun kadang tenggat waktu pelaksanaannya bisa lebih sedikit.

Dari dunia pendidikan saati ini meskipun jaman sekarang sudah banyak sekolah atau kampus yang memiliki jurusan dengan latar programming di dalamnya namun saya rasa bagi mereka yang tidak merasa cukup belajar di lingkungan sekolah, Bootcamp akan menjadi pilihan yang tepat meskipun seperti yang saya bilang tadi dari segi tenggat waktu pelaksanaan relatif lebih singkat namun “intensitas yang kita dapat lebih terasa sehingga sudah pasti jika dijalankan dengan baik akan semakin mempertajam skill kita.

Saya pernah mendengar dan membaca beberapa bootcamp yang sering kali menjadi pilihan atau bisa dibilang banyak peminat contohnya seperti hacktiv8 atau bahkan codepolitan (situs wajib saat hendak mulai belajar pemrograman hehe..) beberapa bootcamp yang mungkin bisa menjadi pilihan anda diantaranya :

  1. DevSchool by Codepolitan

Mungkins saya mulai dari codepolitan dulu karena ini bisa dibilang menjadi salah satu kunjungan wajib ketika pertama kali kita belajar mengenai pemrograman. Codeppolitan memiliki program bootcamp nah melalui DevSchool ini kita bisa mengikuti program bootcamp yang dicanangkan. Program ini bertujuan untuk menjadi sekolah pengembangan manusia, dimulai dari membangun dan mengembangkan skill terutama pada bidang kompetensi digital yang sesuai dengan kebutuhan dan standar industri.

Adapun kelebihan atau benefit yang ditawarkan dari program ini adalah:

  • Materi yang sudah Berstandar Industri
  • Bisa memilih sendiri model belajar yang kita inginkan
  • Sudah menerapkan metode best practice
  • Sudah bekerjasama dengan lembaga-lembaga pemerintah seperti kemenaker, kominfo dll.
  • dan tentu saja terdapat benefit berupa sertifikat sesuai dengan standar industri, namun selain itu program ini juga menawarkan garansi uang kembali.

2. Hacktiv8

menjadi salah satu bootcamp yang banyak diminati, hacktiv8 berperan membantu para alumninya untuk memaksimalkan skill dan terjun langsung dalam dunia kerja. Terdapat banyak program yang bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan kita seperti part time, online atapun full-time. Selain itu beberapa benefit yang ditawarkan pada program ini adalah :

  • Coding Bootcamp : Siswa akan difokuskan untuk belajar menjadi Full Stack Developer atau Data Scientist di program Full Time
  • Hiring Partner Sudah bekerjasama dengan lebih dari 350 Hiring Partner yang siap merekrut lulusan Full Time Program.
  • Growth Mindset : Peserta selalu dibimbing dan dituntut memiliki Growth Mindset yang berguna untuk peningkatan karir di masa depan.
  • Relevan Skillset : Kurikulum kami dibuat dan selalu disesuaikan dengan kebutuhan industri teknologi masa kini

3. Dicoding

Selanjutnya adalah Dicoding, seperti yang bisa dilihat selain sudah dipercaya oleh instansi pemerintah, dicoding juga sudah diakui oleh perusahaan-perusahaan besar di dunia seperti google, microsoft dan lainnya. Di Indonesia sendiri saya rasa dicoding merupakan saya satu platform yang sudah bertumbuh dan banyak sekali digunakan. beberapa benefit yang ditawarkan diantaranya :

  • Kurikulum sesuai standar industri yang bersifat global : Kurikulum dikembangkan bersama perusahaan dan pemilik teknologi dunia sesuai kebutuhan industri terkini.
  • Waktu belajar yang Fleksibel : Belajar kapan pun, di mana pun, secara mandiri. Bebas memilih kelas sesuai minat belajar. Akses seumur hidup ke kelas dan forum diskusi setelah lulus.
  • Belajar dengan didampingi oleh ahli : Validasi skill Anda melalui 1-on-1 Professional Code Review yang diberikan langsung oleh Developer Expert.
  • Alumni yang sudah dipercaya bekerja diberbagai perusahaan : Sertifikat yang membuktikan pengetahuan fundamental beserta keterampilan nyata yang diinginkan perusahaan global.

4. Niomic Tech Education

Niomic adalah platform untuk belajar pemrograman secara intensif. Niomic menghadirkan model pembelajaran online yang intensif dengan bimbingan mentor yang berpengalaman melalui BOOTCAMP PEMROGRAMAN INTENSIF.

dengan model intensif ini tentu akan membentuk sistem yang bisa mempermudah siswa dalam belajar dan tentu meraih hasil optimal, selain itu juga terdapat ribuan materi yang bisa kita gunakan untuk belajar, serta benefit lain yang ditawarkan diantaranya :

  • Akun yang aktif secara permanen
  • Lembaga yang sudah resmi dan terdaftar melalui dinas pendidikan
  • Pendampingan saat proses belajar
  • Update materi baru
  • Akses materi selamanya, dan tentu masih banyak benefit lain yang bisa anda dapatkan.

5) Sekolah Koding

Terakhir adalah platform Sekolah Koding, program ini menyediakan fasilitas belajar coding yang lebih fleksibel dan mudah. Di sini peserta bisa menentukan sendiri kapan dan dimana mereka akan belajar (fleksibel) selain itu juga sudah disediakan forum khusus untuk melakukan diskusi serta tanya jawab.

Banyak hal yang bisa dipelajari melalui platform Sekolah Koding ini seperti back-end, front-end, hingga pemrograman android dan masih banyak lagi.

Kurang lebih itulah beberapa bootcamp yang mungkin bisa menjadi pilihan anda apabila akan mengikuti sebuah bootcamp. Tentu masih terdapat banyak prgram ataupun benefit yang bisa anda ikuti dan dapatkan selain dari rekomendasi yang saya berikan diatas, perlu diingat bahwa tulisan saya diatas adalah bersifat opini pribadi maka barang tentu masih terdapat banyak kekurangan. Hal penting yang harus diperhatikan ketika kita inign mengikuti sebuah bootcamp adalah niat yang kuat, teguh, tidak mudah menyerah dan tentu jangan lupa rehat sejenak. Sekian dari saya atas perhatiannya, terimakasih.

Salam Hangat,

2 Replies to “5 Situs untuk belajar bootcamp full stack web developer”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *