Apakah alat Adobe XD sudah sangat direkomendasikan untuk merancang desain UI/UX?

Saya sangat tidak menyarankan Adobe XD, kecuali Anda terpaksa. Saya coba sebutkan 5 alasan saja:

Tidak ada Custom Export

Banyak fitur penting yang saat ini belum benar-benar tersedia pada Adobe XD, salah satu nya adalah Custom Export. Coba lihat gambar dibawah ini:

Saya tidak bisa merubah ukuran export saya. Dropdown nya disabled pada 1x.

Custom Export adalah fitur sangat basic, yang semua desain tool lain memiliki nya (Bahkan PS/AI yang notabene adalah produk Adobe juga), tapi tidak pada Adobe XD.

Disini kamu hanya bisa meng-export 1x, which is hanya ukuran asli nya pada canvas (1:1). Misalkan Anda membuat sebuah desain Mobile dng ukuran 360px, maka ketika di export, itulah ukuran yang Anda dapatkan, which is sangat kecil untuk di presentasikan apalagi di pamerkan di Dribbble.

Menurut saya ini konyol. Setelah 4 tahun Adobe XD ada, fitur ini belum juga tersedia. Orang-orang sudah me-request fitur ini sejak 2017 loh: Export Artboard as high quality image

Memang ada plugin 3rd-party yang menyediakan, tetapi pengalaman saya, plugin tsb sangat tidak stable dan sering crash, apalagi jika melakukan export lebih dari 3x ukuran asli nya.

Baca Juga :
Apa Bedanya Graphic Designer dan UI/UX Designer ?

Apakah UI/UX Designer Harus Bisa dan Belajar Coding ?? Yuk cari tau

Tidak Ada Fitur Pages

Ini adalah fitur yang menurut saya must have di semua tool UI/UX Desain. Semua tools lain memiliki nya (Figma, Sketch, UXPin, dll..) dan bisa Anda tebak, kecuali XD. Fitur nya kira2 spt ini (Ini pada Figma):

Di XD, Anda hanya bisa membagi artboard Anda didalam 1 page saja. Artinya, jika Anda punya ratusan artboard, semoga beruntung bisa mencari dengan mudah jika Anda “kehilangan sesuatu”.

Pada tools lain, Anda bisa membagi setiap artboard dalam page tertentu. Misal, khusus utk login/register saya buat page khusus. Untuk Dashboard ada page khusus, untuk Profile ada page khusus, dst. Jadi lebih rapi dan lebih mudah mengatur nya.

Sayang nya Adobe XD tidak punya ini… What a shame.

Adobe Salah Dalam Memilih Prioritas

Satu tahun belakangan ini Adobe XD sangat fokus pada Voice Design dan fitur Auto-Animate mereka. Walaupun saya akui kedua fitur itu sangat keren, tapi itu bukanlah hal yang sangat dibutuhkan Desainer SAAT INI. Menurut saya itu hanyalah Gimmick saja.

Banyak Prioritas yang lebih penting yang mengatre di forum User Voice mereka, tetapi tidak di gubris. Beberapa diantaranya bahkan sudah lebih dari 3 tahun lalu! (Cek lagi poin2 di atas).

Menurut saya lebih baik mereka fokus mendengarkan suara user mereka, ketimbang sibuk dengan Gimmick mereka saat ini.

Baca Juga :
Tools Gratis Produk Google

Software yang tidak Stabil di Windows 10

Saya pernah menggunakan Adobe XD di Win10 maupun di Mac, dan saya lebih sering menemukan kendala pada Win10 (FYI, laptop saya adalah MS Surface Laptop). Beberapa contoh yang saya alami adalah, banyak shortcut yang tiba2 tidak berfungsi spt CTRL-Z (Undo), CTRL-C (Copy) dll. Sangat kentara ketika file Anda sudah sangat besar dengan puluhan screens. Saya tidak bisa mengatakan ini mewakili semua orang, tapi ini yang saya alami.

Me-Minimalisir Monopoli

Adobe dari dulu sudah terkenal suka me-monopoli pasar. Setidak nya 10 tahun lalu, tidak ada yang berani menantang Adobe, sehingga mereka se-enak nya memainkan harga.

Kalau Anda pikir biaya berlangganan Adobe sekarang sudah mahal, Anda belum tahu saja berapa biaya berlangganan layanan mereka 10 tahun lalu. Dalam 1 tahun, desainer di haruskan membayar 5–6jt! Tidak heran produk Adobe adalah yang paling banyak dibajak (Saya yakin Anda menggunakan nya juga dulu 😀 ).

Sampai akhirnya mulai banyak yang berani taking a steps to fight back. Muncul lah tools alternatif seperti Sketch, Affinity dan Figma, yang menawarkan harga yang lebih kompetitif. Dan memaksa Adobe menurunkan harga mereka.

Saya sangat membenci monopoli dalam bisnis, dan ingin mengajak orang-orang untuk menciptakan persaingan sehat dalam pasar, sehingga tidak ada lagi pemain tunggal yang se-enak nya menyetir harga.

Ada banyak alasan kenapa SAYA tidak menggunakan Adobe, atau tidak merekomendasikan nya. Kalau saya sebutkan semua disini, tidak cukup 2 jam waktunya. Silahkan dicoba sendiri dan bandingkan dengan tools lain.

Terimakasih sudah membaca

Baca Juga :
Recomendasi Situs Web Untuk Belajar Pemrograman
Apakah di masa depan WordPress dapat menggantikan fungsi front-end?

2 Replies to “Apakah Adobe XD direkomendasikan untuk UI?UX?”

Leave a Reply

Your email address will not be published.