Jika dijelaskan secara mudah, ibaratnya itu, kita pengguna internet, internet itu adalah lantai kaca, dan VPN adalah sebuah karpet.

Jika kita menjelajah internet tanpa VPN bagaikan berjalan di lantai kaca, entah kamu lagi pakai rok, atau celana panjang, terkadang kita khawatir mungkin ada seseorang yang mengintip di bawah kita, lalu terkadang bisa aja dari bawah kita tiba tiba muncul orang yang tiba tiba melarang kita untuk menjelajah lebih jauh.

Dengan VPN, kita akan berjalan di atas karpet, dan kita tidak perlu khawatir seseorang yang mengintip di bawah kita,, tapi tetap saja kita suatu saat bisa dicegah seseorang untuk melarang kita menjelajah lebih jauh, ini tergantung kebijakan negara masing masing dan server VPN apa yang kita pakai, untuk menanggulangi ini biasanya tinggal ganti server VPN aja, ibaratnya ganti karpet tempat kita berpijak.

Kalau mau tahu arti VPN sebenarnya dari sisi teknologi, silahkan di cari di google, karena di sana sudah banyak penjelasan nya, tapi aku jelaskan secara singkat saja.

Baca Juga :
Dari mana provider internet mendapat akses internet untuk disalurkan ke pelanggan


Apa yang bisa dilakukan seseorang dengan linux

VPN itu adalah sebuah server, yang mengijinkan kita untuk mengakses internet “melalui” server pemilik VPN.

Kalau biasanya kita mengakses internet, biasanya data kita akan dikirimkan begitu saja ke ISP, dan ISP akan meneruskan nya begitu saja ke internet.

Lain hal nya jika kita memakai VPN, sebelum kita menjelajah, data kita akan di enkripsi terlebih dahulu, lalu data enkripsi akan di kirimkan ke ISP, lalu ISP meneruskan nya ke server VPN nya, lalu baru server VPN nya akan meneruskan ke internet.

Baca Juga :

Berapa Lama yang Dibutuhkan untuk Peringkat #1 di Google

One Reply to “Apa Itu VPN”

Leave a Reply

Your email address will not be published.