Beberapa hari yang lalu, saya membaca sebuah artikel di Medium yang berjudul “A Phone Stup That Will Make you More Mindful” dan terdapat sebuah analogi yang cukup menarik di dalamnya

” If your phone was more like your toothbrush, your life would be a lot better”

Hidup kita akan lebih baik jika Hanphone kita digunakan seperti sikat gigi. Gimana maksudnya? kita hanya menggunakan sikat gigi ketika dibutuhkan, dalam waktu yang singkat, dan tidak menggunakannya kembali setelah kebetuhan kita terpenuhi ( membersigkan gigi ).

Di sisi lain, kebanyakan dari kita ( termasuk saya ) menggunakan Handphone berlawanan dengan prinsip menggunakan sikat gigi.
Menggunakannya ketika tidak dibutuhkan, relatif dalam waktu yang cukup lama, dan tetap menggunakannya walaupun kebutuhan utama kita sudah terpenuhi.

Sekarang saya akan berbagi beberapa langkah yang sudah saya lakukan untuk membuat Handphone-ku menjadi alat yang tidak menghabiskan banyak waktu kita.

Catatan : Pengaturan Handphone ini dilakukan pada iOS mungkin ada sedikiti perbedaan jika di Android. Disesuaikan saja 😊

Homescreen

Letakan aplikasi dan widget yang paling sering kamu gunakan. Tujuannya adalah untuk mengurangi distraksi dari aplikasi lain dan membuatmu fokus langsung ke aplikasi yang ingin kamu gunakan.

Hindari meletakan aplikasi yang sering menghabiskan waktumu di homescreen. Mungkin membuka aplikasi-aplikasi tersebut sudah menjadi kebiasaanmu tanpa kamu sadari.

Untuk mengatasinya , kamu dapat menghilangkan aplikasi tersebut dari homescreen-mu, kurangi tigger.

Ini adlaah contoh homescreen yang di HP-ku.

Paling atas widget Google Calendar untuk memantau jadwal keseharianku, di bawahnya ada widget forest, aplikasi untuk timer teknik podomoro, dan ada widget ” motivation ” yang akan memberi insight menarik setiap jam nya.

Selain 8 aplikasi di bawah widget, aplikasi lain yang cukup sering saya gunakan akan saya gabungkan dalam satu folder yang aku letakan di dock.

Baca Juga :
Tips Merawat Laptop Agar Awet Digunakan
Smartphone Dirancang Untuk Mudah Rusak
Apa Kegunaan iPad?
Apakah Tiktok aplikasi pembodoh bangsa?
Mengapa Quora tidak populer di kalangan orang-orang Indonesia?
Zaman Semakin Modern Teknologi Semakin Canggih

Untuk mengakses aplikasi lainnnya, saya terbiasa menggunakan fitur search.

Matikan Notifikasi

Mungkin kita sering sedang mengerjakan tugas dengan fokus atau sedang kumpul bersama teman-teman tiba-tiba ada notofikasi yang muncul dan seketika fokus kita teralihkan ke handphone kita. Ada notifikasi yang penting dan ada juga yang kurang penting

Saya hanya mengaktifkan notofikasi di Hp-ku untuk aplikasi-aplikasi yang cenderung mengirimkan notifikasi penting.
Contohnya : Whatsapp ( messaging aplikasi ) Gojek/Grab ( kalau order sering ada pesan dari driver-nya ) Selebihnya saya matikan.

Saya juga sering mengaktifkan mode ” Do-Not Distrube ” untuk membatasi notofikasi yang masuk. Hanya panggilan telepon saja. Karena sering mengaktifkan mode ini, sekalinya denger notofikasi terasa sedikit aneh heeee.

Menghapus Aplikasi yang Menghabiskan Waktumu

Jika dengan menghilangkan aplikasi dari homescreen tidak mengatasi kecanduanmu untuk membuka aplikasi yang sering menghabiskan waktumu. Solusi paling ampuh yang dapat kamu terapkan adalah dengan menghapusnya.

Pada buku Atomic Habits karya James Clear, Ada beberapa cara untuk mengurangi kebiasaan buruk ( dalam hal ini menggunakan media sosial terlalu lama ) Ya itu dengan membuatnya tidak terlihat, tidak menarik membuatnya sulit, dan membuatnya tidak memuaskan.

TikTok, Instragram, Twitter, Youtube, dan media sosial lainnya merupakan aplikasi yang sangat bermanfaat, jika kita dapat mengontrolnya. Jika tidak ? kita yang di kontrol oleh aplikasi tersebut. Daripada menggunakan aplikasi, gunakan Browser untuk mengakses media sosial tersebut.

Dengan menggunakan Browser , berarti kita ” membuat sulit ” untuk mengakses media sosial itu sendiri.

Saya menghapus TikTok , Twitter, dan beberapa hari yang lalu juga menghapus Youtube karena sering menjadi pelarian ketika merasa jenuh belajar. Masalahnya, belajarnya baru sebentar tapi langsung ” sok jenuh ” dan ahirnya menghabiskan waktu pada media sosial tersebut.

Sekarang kalau mau buka Twitter dan Youtube harus melalui Browser atau aplikasi di iPad ( ia masih terinstall tapi di iPad tapi tetap jarang dibuka ) yang sangat-sangat mengurangi waktu penggunaan.

Khusu instragram , aku tidak menghapusnya karena ada beberapa pekerjaan yang harus aku kerjakan melalui instragram, hanya saja penggunaannya dibatasi. Kamu bisa set time limit untuk mencegah penggunaan yang terlalu lama.

Dengan menerapkan 3 Langkah di atas, penggunaan hanphone yang semula 5-6 jam menjadi sekitar 3 jam saja. Silahkan dicoba 😊😊😊😊

A great tool server only one purpose : to put control in your hands at all times, whether you’re wielding it or not

Terimakasih sudah membaca semoga manfat ya 😊😊😊😊😊

KAMI TERIMA JASA PEMBUATAN UNDANGAN DIGITAL

Klik disini : Undangan Digital

One Reply to “Cara Menggunakan Handphone Secukupnya”

Leave a Reply

Your email address will not be published.