Apa yang kamu lakukan dan hindari sehingga laptopmu sangat awet dan bisa digunakan hingga bertahun-tahun? yuk simak selengkapnya

Saya rasa ada 3 hal penting yang perlu diperhatikan pada perangkat apapun yang kamu miliki tidak terbatas pada perangkat elektronik saja.

  • Cara Pakai
  • Penyimpanan
  • Perawatan

Cara Pakai

Behavior ( perilaku ) dan Habit ( kebiasaan ) salah satu faktor penting dalam memperpanjang masa pakai sebuah perangkat. Saya terkadang geleng-geleng kepala melihat orang yang memperlakukan barang secara abusive ( kasar ). Entah seberat apa masalah hidupnya sampai melampiaskannya kepada benda-benda

Kalah ngegame komputer dibanting. Ya sudahlah…. Kalah ya main lagi.
Apalagi kalau kalah taruhan, sudah duit habis PC pun hancur.

Khusunya dalam penggunaan laptop, kamu harus memperhatikan airflow ( aliran udara ) pada laptop tersebut.
Ada laptop yang mengambil udara ( intake ) dari bawah casing, ada juga ang dari atas melalui celah-celah keboard. Maka hindari penggunaan laptop di atas alas yang bisa menghambat alur udara misalnya di atas bantal atau karpet. Juga hindari penggunaan keyboard protector.

Loh nanti kalo ketumpahan kopi gimana ? Kalo kemasukan remah-remah rengginag gimana ?

Ya ingat lagi berarti cara pakaimu tidak benar. Tidak hati-hati. Kalau kamu pakai laptop sambil ngemil, bersihkan selalu tanganmu sebelum kembali menggunakan keyboard. Dan jangan makan di atas laptop, mundur dikit lah, Supaya remahan makanan tidak jatuh ke keyboard.

Berikutnya perhatikan aliran udara yang keluar. Jangan meletakan benda-benda yang menghalangi jalur keluar seperti gelas, buku, tembok, Pak RT dll. Biasanya jalur keluar ini ada disamping kiri atau dibelakang untuk beberapa laptop tertentu.

Salah satu faktor yang memperpendek usia laptop adalah overheat karena distribusi udara yang tidak baik.

Penyimpanan

Saya suka gemes kalo melihat handphone yang layarnya pecah. karena sejak zaman handphone berubah dari layar plastik menjadi kaca, belum pernah sekalipun saya puna handphone yang layarnya pecah. Ini bukan masalah keberuntungan, ini masalah kepedulian. Umumnya layar pecah ini karena penyimpanan yang tidak baik. Abai dan lalai. Dalam bahasa inggris menyimpan adalah save yang berarti juga mengamankan, menyelamatkan, melindungi, memelihara.

Handphone disimpan di saku baju, pas nunduk jatuh. Pecah. Yang disalahin handphone, katanya corning gorilla glass 5, masa pecah?

Untuk laptop, jangan menumpuk laptop beserta benda berat lainnya. Kalo kamu membawa buku-buku dalam tas laptopmu, Usahakan laptop tidak terhimpit. Kalau perlu bawa tas terpisah untuk laptopmu seperti yang saya lakukan selama ini. Tas laptop saya hanya berisi laptop, charger dan hardisk eksternal. Sisanya hanya beberapa lembar kertas catatan.

Bebrapa kasus yang saya temukan karena laptop yang terhimpit beban, biasanya adalah kerusakan LCD. Bisa jadi bergaris, mati, bahkan pecah.
Laptop teman saya layarnya pecah padahal dia tidak merasa menjatuhkan atau terbentur sesuatu, Setelah saya tanya kronologinya, ternayata dia membawa laptop beserta buku-buku dan diletakan di belakang jok mobil, Dugaan saya kemungkinan karena himpitan buku dan guncangan mobil yang membuatnya pecah. Ditambah lagi layarnya touchscreen sehingga menjadi tidak berfungsi.

Baca Juga :
Tips Untuk Membuat Laptop Aman Selain Manambahkan Password

Smartphone Dirancang Untuk Mudah Rusak
E-mail Client Pihak Ketiga Terbaik Untuk Windows
Apa Yang Dirasakan Pengguna Linux
Mengapa Kali Linux Tidak Cocok Bagi Pemula Pengguna L
inux

Perawatan

Kapan terahir kamu mengganti thermal paste pada laptopmu?
Kalo kamiu balik tanya “apa itu thermal paste?”

Wadaw, yasudah terima nasib aja. Sak rusake ( serusaknya ).

Beberapa produsen mengklaim masa pakai thermal paste antara 2 sampai 5 tahun. Setelah itu thermal paste akan mengering dan pendinginan pada prosesor maupun kartu grafis menjadi tidak oftimal lagi.

Dengan mengganti thermal paste, Setidaknya kamu juga akan membersihkan bagian-bagian lain dari laptop. Seperti heatsink dan mainboard yang berdebu.

Setidaknya saya mengganti thermal paste pada laptop saya setiap 2 tahun sekali. Dan gunakan thermal paste dengan kualitas yang baik. Jangan yang abal-abal harga 20 ribuan. Toh kamu cuman beli 2 tahun sekali gak tiap bulan.

Tapi saya enggak tau cara bongkar laptop ?

Cari tutorialnya di yutube, banyak. Tinggal ketik “teardown merk laptopmu” atau “dissassembly merk laptopmu”. Ikuti langkah-langkahnya, kalau ragu ajak teman yang sedikit paham. Minimal kalau rusak ada orang yang disalahin heeeeeee

Laptop saya yang paling tua Maccbook Siver early 2011. keduanya masih bisa dipakai normal belum pernah bawa ke tukang service dan cuman masalah baterai punya usia pemakaian, meski dirawat sedemikian rupa kalau waktunya rusak ya rusak.

Saya rasa itu saja ya sobat tips dalam merawat dan menggunakan laptop supaya awet, maafkan lah ya sobat kalo sok tau heee

Semoga manfaat terimakasih sudah membaca 🙂

Kunjungi situs web kami yang lain ya sob…. Klik Disini


Apa Itu Thermal Paste dan Bagaimana Cara Kerjanya?

13 Replies to “Tips Merawat Laptop Agar Awet Digunakan”

  1. Hey! Someone in my Facebook group shared this site with us so I came to check it out.
    I’m definitely enjoying the information. I’m book-marking and will be tweeting this to my followers!

    Fantastic blog and great design and style. aid for ukraine

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *