Apakah ada recomendasi situs web untuk belajar pemrograman menggunakan motode game khusus pemula ? ingin belajar pemograman secara cepat dan instan serta tidak ingin terlihat planga-plongo saat bertemu rekan pemrograman ??

Di atas adalah pertanyaan yang sangat menarik, bang tech jawab berdasarkan dua bagian pertanyaan ini.

Bagian pertama : Apakah ada rekomendasi situs web belajar pemrograman menggunakan motode game khusu pemula ?

Jawabannya :Ada ini beberapa yang mungkin bisa digunakan :

CodeCombat- Coding games to lear Phyton and JavaScript

Coding Games and Progamming Challenges to Code Better

Kelemahan kedua situs ini adalah, kalau kemampuan bahasa inggris anda kurang, ya nggak akan mengerti juga ini disuruh ngapain. Ada banyak Quorawan yang sudah menjelaskan dengan baik kenapa bisa bahasa inggris itu esensial dan sejalan dengan kemampuan untuk belajar pemrograman karena sebagian besar materi pemrograman berkualitas ya adanya dalam bahasa inggris, baca pesan kesalahan juga tidak bisa dilakukan kalau bahasa inggris terlalu dasar.

Bagian kedua : Ingin belajaer pemrograman secara cepat dan instan serta tidak ingin terlihat planga-plongo saat bertemu rekan pemrograman

Bentar-bentar, ada gambar meme yang cocok untuk bagian ini :

Yang cepat dan instan itu tidak ada.

Dicoba saja dulu kedua situs di atas, saya mau tahu testimoninya seberapa pesat anda menyerap pemrograman, yang jelas tidak instan 🙂



kecuali jika berhasil melakukan print(“Hello World”) artinya sudah bisa pemrograman lho ya

Lagipula ngapain sih tujuannya mau pura-pura sok paham topik seperti pemrograman yang butuh waktu sangat lama untuk mendalaminya? Yang sudah berkecimpung puluhan tahun saja masih terus mendalami dan jarang sesumbar mereka sudah tahu segalanya. Tahu banyak iya, tahu semuanya? Ya kagak lah.

Semakin tua saya malah belajar dan melihat orang-orang lain di sekitar saya seperti para profesor, senior-senior peneliti yang sudah bikin algoritma dan fungsi-fungsi bahasa pemrograman yang dipakai di seluruh dunia malah hobinya pasang default muka plonga-plongo, selalu tertarik dan antusias mendengarkan penjelasan para kroco tentang hal-hal yang bagi saya cukup sederhana.

Paling cetar adalah ketika mereka bertanya-tanya dengan sungguh-sungguh untuk tau bagaimana seluk beluk pemrograman dan teknologi yang diomongkan, baru deh ketahuan yang ngomong ngasih penjelasan ini beneran ngerti yang diomongin atau nggak. Dibawa santai saja, kalau tidak tahu ya tidak tahu, kalau ada yang bisa dipelajari dan menambah pengetahuan ya malah enak bisa disyukuri dan dinikmati. Orang yang sudah merasa bisa dan sudah tahu semuanya itu adalah orang yang sudah tidak bisa diajari lagi.

Lebih sering, para senior ini ketika menonton programmer-programmer ngomong berbusa ngaku-ngaku sendiri dirinya enjinir hebat di dalam hati reaksinya kayak gini:

Sambil tetap pasang wajah polos plonga-plongo, diiyain saja deh biar lama hiburannya. Ntar aja kita ghibahnya pas coffee break dan orangnya udah nggak kelihatan soalnya kalau tahu nanti jadi nggak ada hiburan lagi 😉

Semoga membantu untuk belajar

Trimakasih sudah membaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *