Pada tahun 2021  Microsoft Windows Event, telah diumumkan  Windows 11 terbaru  yang akan segara diluncurkan,
Perusahaan pesainggnya Apple, juga baru meluncurkan update dari dofwarenya yaitu  Mac OS Monterey.
Lalu, Mana sih yang terbaik  dari keduanya ?
Yuk kita bandingkan setiap fitur  yang dimiliki oleh masing-masing software.
 
Snap Layouts vs Mac OS Multitasking
 
Dengan Mac OS, Kamu dapat bekerja dengan dua aplikasi secara berdampingan, dan hanya terbatas untuk 2 aplikasi.   Sedangkan  pada Windows 11, Fitur Snap Layouts baru memungkinkan kamu menjalankan hingga tiga  aplikasi secara berdampingan dan memilih dari sekumpulan tata letak  lainny, seperti grid 2×2 untuk empat aplikasi atau satu dikiri dan dua dikanan
Selain itu, kamu juga dapat membuat Snap Group di Windows 11 yang dapat kamu taruh tepat di taskbar, sehingga kamu dapat langsung melanjutkan tepat ditempat terahir  kamu menggunakan
Touch Support
Si Apple menolak  untuk membawa fitur toch ke Mac dan terus mendorongnya pada iPad pro,  Laptop 2-in in-1  terbaik yang menjalankan Windows 11 akan mendapatkan touch support yang ditingkatkan. Kamu akan  melihat lebih banyak ruang di antara ikon, taarget sentuh yang lebih besar, dan isyarat visual untuk mengukur dan memindahkan jendela, keyboard di layar juga semakin baik.
Gaming
Selain memiliki akses mudah ke Xbox Game Pass yang mengagumkan, Windows 11 menawarkan beberapa peningkatan game utama yang akan membawa game-game terbaik ke level berikutnya. Dukungan Direct 12 menghadirkan game higt-frame-rate yang lebih baik, Sementara auto HDR  akan menghadirkan visual yang lebih baik di berbagai game.
Selain itu, jika kamu memiliki PC mendukung DirectStorage, kamu akan bisa menikmati waktu loading game yang jauh lebih cepat,  Seperti Xbox Series  X dalam bentuk PC.
Mac OS  masih tertinggal jauh  dibelakang dari sisi gaming, dengan pilihan game yang jauh lebih sedikit daripada Windows.
Oppen App Store
 
Sebelumnya, Microsoft  Store bukanlah yang terbaik selama Windows 10 tahun, tetapi menjadi jauh lebih baik pada Windows 11, dengan app store yang jauh lebih terbuka daripada Mac OS.  Misalnya,  Microsoft membiarkan pengembang menggunakan mesin  perdagangan  mereka sendiri, seperti Adobe, jadi itu tidak akan memaksa pengembang untuk  memberi Microsoft potongan.
Selain itu, aplikasi Android bisa didaptkan di Windows Store. Namun, pengguna Windows akan terbatas pada opsi  di Amazon App Store.
Mungkin dapat melakukan sideload aplikasi di Windows 11, namun, hal tersebut tidak  direcomendasikan.
 
Microsoft Team vs  FaceTime
 
FaceTime di Mac OS Monterey terlihat jauh lebih keren daripada Microsoft Team yang ada di dalam Windows 11.  Hal itu karena FaceTime memiliki fitur SharePlay baru yang memungkinkan kamu untuk menonton atau mendengerkan musik bersama teman. Tetapi  jika kamu menggunakan Android  atau Windows,  kamu hanya bisa menggunakan FaceTime  melalui tautan Web, yang berarti tidak akan mendapatkan SharePlay. Sementara  itu, Microsoft Team akan tersedia di Windows, Android , dan IOS.
Ada banyak keunggulan tentang Mac OS yang membuatnya  lebih baik daripada  Windows.
Salasatunya AirDrop yang terus menjadi fitur Favorit, dan pesan dari iPhone secara otomatis bisa muncul di desktop.
Selain itu , pembaruan Mac OS umumnya jauh lebih lancar, sedangkan Windows  10 memiliki beragam masalah, beberapa  di antaranya menyebabkan bug parah  atau bahkan blue screen. Microsoft mengatakan Windows Update  akan meningkatkan di Windows 11.
Mac OS Monterey, yang diluncurkan musim gugur, menjanjikan beberapa  peningkatan  lainnya. Ini termasuk  FaceTime yang jauh lebih baik.  Safari yang disain ulang dengan grup Tab yang fraktis, Quick Notes, dan  integrasi yang lebih mulus dengan iPad dengan Universal Control.
Nah, Sobat, kalo kamu tim  Windows atau MacOs Nih ?
 
Jika suka artikel ini yuk di share ☺️🙏……
 
Trimakasih sudah membaca salam “RSN”

4 Replies to “Windows 11 vs Mac OS Monterey , Mana yang lebih Baik ?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *