sumber gambar

Perbedaan OS Mac dan OS Windows
Tahu gak sih kalo sobar  ada dua perangkat lunak populer di dunia ini yaitu Macintosh Operating Sysmtem ( MacOS ) dan Windows  pembuatnya siapa ? Belum tahu yaa? Kupas tuntas yuk dari pengertian, perkembangan sampai kelebihan  dan kekurangan masing-masing  dari OS.
1.Pengertian Mac OS dan Windows OS
OS Mac merupakan salah satu sistem operasi GUI ( Graphical User Interface ) pertama yang dikembangkan dan dipasarkan oleh perusahaan Apple Inc.
Perlu diketahui OS Mac berdeda dengan  Mac,  OS Mac memiliki fungsi mengatur Mac di  dalam perangakat lunak komputer. Jadi Mac merupakan bagian-bagian dari OS Mac.
Perusahaan besar yang didirikan sejak tahun 1978 ini merancang, mengembangkan serta menjual barang elektronik, perangkat lunak komputer dan juga layanan daring. Sebagai perusahaan,  Apple sudah sukses  dan berhasil mengembangkan sebagai produk teknologi.
Produk teknologi Apple  diantaranya adalah iPhone, iPad, Macintosh, iMac dan juga Apple Watch. Keunikan dari produk perusahaan Apple  ini hanya  berasal dari perusahaan Apple sendiri. Jadi seluruh produk Apple tidak menggunakan produk  teknologi dari perusahaan lain seperti Microsoft Windows  dan Android dari Google.
Pembuatan perangkat lunak OS Mac Stave Jobs dan 2 karyawan Steve Wozniak,  Ronald Wayne mendirikan perusahaan  Apple pada 1 April 1976. Awalnya  OS Mac dikembangkan untuk keluarga Macintosh yang dikemudian ditinjaklanjuti  menjadi sebuah produk pada 2 januari 1984. Dari awal pendirian perusahaan Apple, mengusung slogan ” Think Different ”  Sebagai semangat produk-produknya.
Sedangkan untuk Windows sendiri adalah sistem operasi  perangkat lunak yang digunakan dalam komputer atau laptop  dengan menyediakan  antar muka grafis atau GUI.
Baik perangkat lunak OS dan Windows sebenernya sama fungsinya yaitu mengatur  dan mengorganisir kerja laptop atau komputer.
Beberapa fungsi yang harus kamu tahu dari OS dan Windows.  Pertama,  Mengelola dan mengendalikan data input  dan output. Kedua, Memiliki dukungan driver  yang kebih banyak. Ketiga,  Menghubungkan atara software ( perangkat lunak  ) dengan  hardware ( perangkat keras )  yang memudahkan untuk terintigrasi  bekerja secara konsisten dan stabil
Kempat,  Mengendalikan ataupun mengelola sumber daya yang sedang dijalankan bahwa software perangkat lunak dan perangkat keras  pada komputer  ataupun laptop.
Kelima,  Mengendalikan ataupun mengelola sumber daya yang sedang di jalankan bahkan siftware perangkat lunak dan perangkat keras  pada komputer  ataupun laptop
Terahir, Mengelola proses mulai dari tahap persiapan, penjadwalan, serta pemantauan terhadapa program yang berfungsi, secara ummum kedua perangkat lunak memiliki sistem operasi yang demikian.
Selanjutnya perangkat Windows lebih dikenal daripada OS Mac. Pembahasannya seperti apa akan dijelaskan pada kelebihan dan kekurangan diantara keduanya.  Seiring berjalannya waktu  kedua perangkat lunak tersebut melakukan pengembangan produk mereka.  Melakukan perbaikan-perbaikan pada kekurangan perangkat lunak dan melakukan pembaruan.
2. Perbedaan Mac OS dan Windows 

Tentu saja dengan adanya perangkat lunak antara OS Mac dan Windows  memiliki perbedaan  diantara keduanya. Apalagi  pengembanag produk  juga berasal dari perushaaan yang berbeda. Marilah kita kenali perbedaan  yang mencolok antara OS Mac dan Windows.  Diantara perbedaan keduanya dari berbagai indikator sebagai berikut :

 
A. Model dan Harga  Komputer
Sistem operasi Windows dapat beradaptasi  dengan berbagai merek laptop atau  komputer apapun. Tidak heran kalau sistem perangkat lunak satu ini populer  nomor wahid di dunia.
Banyak pengguna Windows lebih disebabkan kerena terjangkaunya harga sisten operasi tersebut. Untuk Microsoft Windows 10  seharga  2 hingga 4 jutaan.
Sungguh berbeda jauh dengan OS  Macos.
OS Mac hasil besutan  perusahaan Apple mematok harga versi sama dengan harga di atas 10juta.  Lebih tepatnya harga paling  murah adalah 15 juta. Harga paling mahal bisa lebih dari 30 hingga 40 jutaan.
B. Sistem Perangkat Lunak
 

 

Secara tampilan , OS Mac dan  OS Windows   memiliki perbedaan yang sangat mencolok.
Meski pada dasarnya komponen antara keduanya tidak memiliki perbedaan  signifikan. Berikut ini perbedaan  tampilan  OS Mac dan OS Windows.
  • Kalau OS Mac ada menu Finder, kalau OS Windows ada menu File Explorer.
  • Kalau OS Mac ada menu System Preferences, kalau OS Windows ada menu control panel.
  • Kalau OS Mac ada ada menu Menulets, kalau OS Windows ada menu System Tray.
  • Kalau OS Mac ada menu Trash, kalau OS Windows ada menu Recycle Bin.
  • Kalau OS Mac ada menu Activity Monitor, kalau OS Windows ada menu Task Manager.
  • Kalau OS Mac ada menu Applications, kalau OS Windows ada menu Task Bar.
  • Kalau OS Mac ada menu Safari, kalau OS Windows ada Internet Explorer/Edge.
  • Kalau OS Mac ada menu Spotlight, kalau OS Windows ada Windows Search.
  • Kalau OS Mac ada menu iCould, kalau OS Windows ada OneDrive.
  • Kalau OS Mac ada menu App Store, kalah OS Windows ada menu Windows Store.
  • Kalau OS Mac ada menu Notification Center, kalau OS Windows ada Action Center
  • Kalau OS Mac ada menu Launchpad, kalau OS Windows ada start menu.
  • Kalau OS Mac ada menu iTunes, kalau OS Windows ada menu Media Center.
 
 
Itulah perbedaan sistem pada OS Mac dan OS Windows. Bagi jamu yang baru tahu OS Mac  tidak  perlu pusing soal perbedaan ini. Pada intina sama ko penggunaanya dengan yang kamu kenal di OS Windows .
c. Tingkat Keamanan Software

Perangkat lunak OS Mac lebih aman digunakan ketimbang OS Windows. Hal ini dikarenakan OS Mac dirancang dengan perlindungan software pada inti Mac. Fungsinya untuk menjaga agar sistem Mac aman dari gangguan Malware.

Teknologi canggih yang ada di OS Mac seperti XD (execute disable), ASLR (Address Space Layout Randomization), dan SIP (System Integrity Protection) menyulitkan malware untuk membuat kerusakan. Teknologi canggih tersebut memastikan bahwa proses yang memiliki izin root tidak dapat mengubah file sistem yang sangat penting.

Semua teknologi canggih yang terpasang baik secara internal maupun eksternal menjadi jaminan bahwa OS Mac lebih aman dari OS Windows. Bahkan saking canggihnya jika ada aplikasi yang bermasalah maka dengan sendirinya perlindungan Gatekeeper akan menghentikan aplikasi tersebut agar tidak dapat dibuka lagi.

Tidak hanya itu saja lho kecanggihan OS Mac. Ketika kamu melakukan safari online maka OS Mac secara otomatis melindungi penelusuran kamu dari para pelacak-pelacak. Bahkan melindungi privasi digital kamu dari para pelacak-pelacak.

  1. Kernel

OS Mac menggunakan kernel dengan jenis mikro Kernel dan OS Windows menggunakan monolitik Kernel. Penggunaan mikro Kernel mengakibatkan sedikit saja dari abstraksi perangkat keras dan menggunakan aplikasi yang berjalan di atasnya?yang disebut dengan server?untuk melakukan beberapa fungsionalitas lainnya.

Pada OS Windows yang menggunakan monolitik Kernel menjadikan perangkat sistem ini lebih banyak bekerja. Pasalnya kernel monolitik melakukan integrasi banyak fungsi di dalam Kernel. Lebih dari itu menyediakan lapisan abstraksi perangkat keras secara penuh terhadap perangkat keras yang berada di bawah sistem operasi.

e. User Interface

Tampilan User Interface pada OS Mac memberikan pengalaman yang berbeda. UI dan dekstop pada OS Mac lebih menarik ketimbang OS Windows yang biasa saja. Kalau tidak percaya bandingkan saja perbedaan tampilan antara OS Mac dan OS Windows.

 
 
3. Kekurangan Antara OS Mac dan OS Windows
 

Sesempurna apapun sebuah produk pasti ada kekurangan yang menyertainya. Baik dari OS Mac dan OS Windows pun demikian ada kekurangan di masing-masing perangkat lunak ini.

Pertama kekurangan pada OS Mac adalah harga produk yang terlampau mahal. Harganya bisa mencapai dua digit untuk salah satu produk OS Mac. Sedangkan untuk OS Windows walau lebih mudah tapi secara tampilan tidak terlalu menarik terutama ketika melakukan penelusuran di dunia digital.

Kedua kekurangan pada OS Mac ada pada sistem yang tidak cocok untuk game. Karena memang tidak digunakan untuk game meskipun secara perangkat keras terlihat sangat kokoh. Sedangkan OS Windows bisa saja digunakan untuk game tinggal melakukan peningkatan pada CPU dan RAM.

Ketiga dalam hal ketersediaan perangkat lunak OS Mac sangat terbatas. Hal ini dikarenakan sedikitnya developer yang mendukung OS Mac. Berbeda dengan OS Windows yang mendapat dukungan developer yang banyak sehingga dapat ditemukan di mana saja. Sehingga pasar distribusi OS Windows lebih luas ketimbang OS Mac.

Keempat OS Mac terlalu eksklusif. Dalam arti ketika pengguna ingin melakukan peningkatan perangkat lunak tidak bisa dilakukan secara mudah. Hal ini dikarenakan adanya beberapa komponen tersebut sangat reintegrasi dengan seluruh sistem perangkat keras.

Perangkat lunak OS Windows cenderung lebih mudah jika dilakukan peningkatan CPU dan RAM. Proses penghubungan antara software dan hardware dapat dilakukan dengan mudahnya. OS Windows berintegrasi secara konsisten dan stabil.

Kelima jika calon pengguna ingin menggunakan OS Mac, berarti dia tidak bisa mendapatkan secara gratis. Pengguna OS Mac harus membeli terlebih dahulu perangkat MacBook atau iMac terlebih dahulu. Kalau OS Windows calon pengguna tidak perlu.

4. Kelebihan Antara OS Mac dan OS Windows 

 

Sekarang beralih ke kelebihan Antara OS Mac dan OS Windows. Bagaimana kelebihan OS Mac dan OS Windows? Yuk langsung saja kita bahas biar kamu semakin paham.

Kelebihan pertama yang ada pada perangkat lunak OS Mac tentu saja adanya antivirus bawaan. Jadi OS Mac tidak perlu menginstal lagi aplikasi antivirus untuk melindungi software. Beberapa fitur OS Mac dapat melindungi perangkat lunak dari virus yang kapan saja bisa menyerang.

Berbeda dengan OS Mac, OS Windows tidak menyediakan fitur anti virus sehingga harus menginstal aplikasi dari pihak ketiga. Namun begitu, OS Windows punya kelebihan yang dimana mudah jika pengguna ingin menginstal aplikasi.

Kelebihan kedua OS Mac memiliki tampilan yang lebih mengesankan dan modern. Begitupun juga OS Mac memiliki tampilan lebih bersih dan jernih. Tidak heran jika pengguna merasa dimudahkan ketika menggunakan OS Mac.

Sedangkan pada OS Windows memiliki kelebihan dimana dapat diperbaiki dan ditingkatkan dengan mudah. Kemudian pada OS Windows sangat melimpah sekali varian aplikasinya.

Dalam hal penyimpanan, OS Windows mendukung sistem partisi seperti NTFS, exFAT, FAT 32, dan lain sebagainya. Sistem partisi ini memungkinkan pengguna untuk membagi satu hardisk untuk banyak kegunaan.

Selain itu OS Windows juga membuat aplikasi yang ramah pengguna. Salah satu contohnya adalah Microsoft office yang sudah banyak digunakan oleh pengguna. Microsoft office memudahkan pengguna komputer untuk membuat dokumen, buat slide presentasi, dan kalkulasi data melalui Excel.

Itulah pembahasan mengenai pengertian OS Mac dan OS Windows yang memiliki karakteristik tersendiri. Baik perangkat lunak OS Mac maupun OS Windows memiliki keistimewaan masing-masing. Sekarang menurut kamu gimana mau pilih yang OS Mac atau OS Windows?

Berikut link recomen yang mau beli macbook   klik link di bawah 👇👇👇👇👇
Berikut link recomen yang mau beli Windows    klik link di bawah 👇👇👇👇👇

2 Replies to “Perbedaan Mac OS dan Windows OS”

Leave a Reply

Your email address will not be published.