Saya boleh jawab pertanyaan ini ya meskipun saya sendiri tidak bekerja di dunia pemrograman. 😀

Seperti jawaban-jawaban saya sebelumnya, yang dimaksud dengan penganggur ini siapa? Apakah orang yang lulus kuliah kemudian tidak bekerja, atau yang tamat SMA, tidak kuliah dan kemudian tidak bekerja atau orang yang sudah bekerja kemudian dilayoff?

Kemudian lanjut dengan pertanyaan berikutnya, apakah setelah bisa pemrograman diharapkan bekerja di dunia pemrograman?

Banyak sekali definisi penganggur.

Baiklan mari diasumsikan penganggur ini adalah orang-orang yang tidak bekerja selepas kuliah. Kenapa tidak belajar pemrograman saja?

Well, sepengethauan saya, yang bahkan lulusan teknik informatika saja kadang lari jauh-jauh dari dunia pemrograman. Karena untuk bisa bekerja memanfaatkan pemrograman menjadi profesi dibutuhkan skill-set yang mumpuni. Tidak hanya sekedar tahu bagaimana menulis program.

Untuk bisa menghasilkan program yang bagus dibutuhkan (silahkan ditambahkan apabila kurang):

  1. Pemahaman mencukupi tentang bahasa pemrograman yang dipakai/dipergunakan. Saat ini banyak sekali bahasa pemrograman yang dipergunakan.
  2. Logika pemrograman yang bisa menerjemahkan kebutuhan program menjadi baris-baris program yang efektif dan efisien. Bukan menjadi program yang terlalu besar dan clunky karena seringnya pengulangan.
  3. Debugging apabila ternyata baris program yang sudah dibuat tidak berjalan sesuai yang diharapkan dan mencari kesalahan-kesalahan yang mungkin ada.

Selain itu dibutuhkan juga pemahaman arsitektur hardware dan juga hubungan program yang dibutuhkan untuk bisa menjalankan aplikasi sesuai design awal.

Memang tidak sedikit orang yang bisa belajar otodidak pemrograman dan sukses menjadikannya profesi, tapi untuk penganggur secara umum belajar pemrograman akan susah. Apalagi apabila yang dimaksud di sini adalah orang-orang yang menganggur setelah lulus kuliah.

Karena ketika kuliah, selama kurang lebih 4 tahun sudah dididik dan dilatih dengan skill set yang spesifik sesuai dengan jurusan kuliahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.