Pyhton

Python adalah bahasa ibu saya. saya mempelajari python pada semester 1 tetapi baru serius di masa liburan semester 1. saat itu saya memakai pure untuk mempelajari basic programming. beruntungnya, bahasa python syntaxnya cukup friendly untuk pemula. saat ini saya memakai python untuk kebutuhan mengajar anak-anak belajar coding pada kelas intermediate.

Java

setelah memakai python saya lajut memakai java. sama, ini juga karena tuntutan perkuliahan. saya memakai java pada semester 2. dari java saya mulai mengerjakan project aplikasi sederhana dengan GUI nya. dari sinilah muncul hasrat untuk terjun ke bidang mobile development.

Dart

Saya memakai dart untuk pengembangan aplikasi mobile. tentu menggunakan sdk flutter sebagai framework nya.

Scratch

Serius itu bahasa pemograman? yupp. scratch juga bahasa pemograman karena di dalamnya terdapat basic-basic programming seperti variabel tipe data, oparator, looping, branching dan juga list. hanya saja dia sudah include dengan library seperti ada kode gerakan, sensor, tampilan, suara bahkan ada juga library untuk men-develop robotic dengan menggunakan lego boost. saat ini saya memakai scratch untuk keperluan mengajar anak-anak. saya gunakan scratch pada kelas beginner sehingga anak-anak bisa memahami prinsip-prisip pemograman dan dapat membuat program tanpa memikirkan salah benar penulian sintax.

hematnya demikian.

Terima kasih sudah membaca, caww


“RSN”

Leave a Reply

Your email address will not be published.